Tuesday, July 31, 2007

Tentang SUNADOKEI vol.3 - Ashihara Hinako


Pertama kali tertarik untuk beli dan baca komik ini karena ada tulisan tentang jam pasir...

Jam pasir diumpamakan kehidupan, bagian atas pasir tersebut adalah masa datang, bagian sempit di tengah-tengah tempat pasir itu jatuh ke bagian yang bawah adalah masa kini dan bagian bawah dari jam pasir tersebut adalah masa lalu...

Ada kata-kata yang diucapkan An (tokoh sentral komik ini) di vol 3 buku ini:
Kita ini hidup pada waktu yang terbatas
Bagaimanapun juga waktu akan berlalu
“sekarang” akan jadi “masa lalu”
Nggak akan terulang lagi
“jangan sampai ada waktu yang terbuang”
Kalau berpikir begitu, sedikit demi sedikit,
Kita akan teringat apa yang harus kita lakukan sekarang

Dan kata Shika (salah satu tokoh di komik ini):
Betul aku juga berpikir begitu
Tapi
Kadang aku berpikir
(adegan membalikkan jam pasir)
Andai saja waktu bisa kembali

Selain itu ada kata-kata Asa (teman An di Tokyo):
Aku nggak bermaksud menolak pertemanan antara laki-laki dan perempuan
Tapi, nyatanya sulit untuk bikin jarak
Tahu nggak ?
Kapasitas “kapal cinta” Cuma 2 orang
Kalau mengangkut beban yang berlebihan
Akan tenggelam

Terakhir, kata-kta yang diucapkan An ke Fuji (cowok yang suka An dan punya karakter seperti yang diucapkan bibi kaede (calon ibu tiri An): dari kesan yang diberikan pada orang lain, sekilas, dia terlihat tabah dan selalu waspada...tapi di satu sisi sepertinya bermasalah)”
Be...begini!!
Kalau...kalau....
Kamu sedih, ada masalah...
Dan merasa putus asa
Kamu nggak perlu berusaha keras!!
Kamu nggak perlu memaksakan diri!!
Lebih baik kamu istirahat dan melepas diri
Mungkin aku nggak bisa apa-apa
Tapi
Kalau ada yang bisa kulakukan,
Aku akan lakukan apa saja!!
Apa saja
Aku akan lakukan apa saja!!

Komentar:
Ucapan-ucapan di atas ada yang berurutan tapi ada juga yang lepas...
Mungkin cerita di dalam komik ini klise, aku gak tahu juga
Tapi yang bikin terkesan, komik ini bercandanya gak kaku...salut untuk Tri Murtiyani yang mengalihbahasakan komik ini...arigatou...
Dalam membaca suatu buku/komik/or whatever...terkadang aku lebih masuk ke detil-detil yang ada di situ untuk mencari ‘enlightenment’ atas persoalan yang sedang menimpaku...
Klo kita percaya setiap hal tidak ada yang terjadi kebetulan, berarti setiap hal sudah terencanakan....karena tuhan baik, pasti ‘ujian’ di dunia ini bentuknya openbook...jadi...setiap persoalan pasti ada jawabannya, tinggal pastikan kita nggak salah baca ‘soal ujian’ dan mencari jawabannya di ‘halaman buku’ yang tepat...hehehe...
(SOTOY !!!)